SHARE :

Kepala Adat Besar Kutim Resmi Tutup Pesta Adat Pelas Tanah 4

Terbit : 20 November 2019 / Kategori : Berita / / Author : dharma admin2
Kepala Adat Besar Kutim Resmi Tutup Pesta Adat Pelas Tanah 4

EKSPOSKALTIM.com, Kutim – Kepala Adat Besar Kutai Timur, Sayyid Abdal Nanang Al Hasani secara resmi menutup pergelaran Pesta Adat Pelas Tanah 4 tahun 2019, di Gedung Adat Besar Kutim, Jalan APT Pranoto, Sangatta Utara, Sabtu, 27 Oktober 2019 malam.

Acara yang dihadiri ribuan masyarakat Kutai Timur, berlangsung meriah dengan hiburan artis dangdut lokal maupun Ibukota.

Kepala Adat Besar Kutim, Abdal Nanang dalam sambutannya mengapresiasi seluruh pihak yang turut mengsukseskan gelaran pesta adat yang ke 4 itu.

“Mengucapkan terimakasih sebesar besarnya kepada semua pihak yang turut berpartisipasi mengsukseskan acara Pelas Tanah 4 2019,” ujarnya.

Dikatakan Abdal, pelaksanaan Pesta Adat Pelas Tanah 4 kali ini tak mendapat dukungan dari Pemerintah Kutim. Meski demikian kata Abdal, pihaknya tetap sukses menggelar event tahunan yang digelar sejak Minggu, 20 Oktober tersebut.

“Pesta Adat ini kami gelar sejak tahun 2016. Walaupun pesta adat ini tidak didukung Pemerintah Kutai Timur, kami punya tekad, pesta adat ini tetap terlaksana tiap tahun,” tegasnya.

Abdal pun bertekad, akan tetap membantu pemerintah dalam memperkenalkan Kutai Timur ke seluruh Indonesia melalui adat. Karena menurutnya, pesta adat merupakan destinasi wisata budaya Kutim yang mesti dijaga dan dikembangkan.

“Ini bentuk kontribusi lembaga adat untuk memajukan dan memperkenalkan budaya Kutai Timur,” jelasnya.

Ia pun berharap, pergelaran Pesta Adat di tahun yang akan datang dapat terlaksana dengan lebih meriah, dengan menampilkan berbagai kegiatan adat serta event yang spektakuler.

Senada, Ketua Panitia Pesta Adat Pelas Tanah 4 Rustam effendi Lubis pun berterimakasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja sama dan bekerja keras untuk mengsukseskan pelaksanaan pesta adat yang ke 4 ini.

“Terimakasih pada semua panitia. Alhamdulillah Pelas Tanah 4 sukses kita gelar,” imbuhnya.

Dijelaskannya, pergelaran pesta dimulai sejak Minggu, 20 Oktober 2019, dan diisi berbagai kegiatan di antaranya, ritual adat beluluh, tari jepen, pagelaran seni budaya nusantara, festival band, lomba olahraga tradisional, dan ditutup dengan makan bebaki serta belimbur.

Semenjak Pelas Tanah digelar di tahun 2016, tahun ini, kata Lubis, ada beberapa kegiatan tambahan yang dianggap spektakuler. Di antaranya, festival band milenial, audisi dangdut pelas tanah, dan lomba perahu ketinting. Pesertanya pun datang dari beberapa daerah di Kaltim.

“Kegiatan ini pertama kali kita gelar, dan semuanya berjalan lancar dan sukses,” kata Lubis.

Ia pun meminta maaf kepada seluruh masyarakat Kutai Timur, jika selama pelaksanaan Pesta Adat Pelas Tanah 4 ini terdapat kekurangan serta kesalahan yang dianggap kurang berkenan.

“Kami selaku panitia merupakan manusia biasa tak luput dari kesalahan. Memohon maaf apabila ada kesalahan selama pelaksanaan Pelas tanah 4, baìk disengaja maupun tidak disengaja,” ungkapnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Raja Kutai Kartanegara, Sultan Adji Mohammad Arifin, anggota DPRD Kaltim Mahyunadi, tokoh-tokoh adat dari berbagai etnis serta kerabat Kesultanan Kutai Kertanegara.

 

Sumber : https://eksposkaltim.com/berita-10207-kepala-adat-besar-kutim-resmi-tutup-pesta-adat-pelas-tanah-4.html?fbclid=IwAR0ndo-eQaoOwjERhS3y8ObKDHxy4qHGntzwAcmmWfZEmI9n0730XTzgl2Y#.XbasBfhBjdU.facebook

Bagikan :

Berita Lainnya



× Chat Kami